METODE HIPNO PAIKEMDALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI

Oleh : Yunita Purnama, S.Pd

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan suatu proses belajar mengajar, model pembelajaran yang mencakup strategi atau metode pembelajaran mengandung 4 karakeristik yaitu :rasional teoritik yang logis, tujuan instruksional yang akan dicapai, perilaku mengajar yang diperlukan, dan lingkungan mengajar yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

Untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai dalam proses belajar mengajar, seorang guru perlu menguasai metode yang dibutuhkan untuk merangsang terjadinya perubahan yang diinginkan. Kedudukan metode sebagai alat motivasi ekstrinsik sebagai strategi pembelajaran sendiri cenderung merupakan aspek psikologis dari suatu sistem atau struktur.

Dalam penyampaian materi menulis puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu kegiatan pembelajaran tersebut adalah dengan mengembangkan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam menulis puisi menggunakan pilihan kata yang   sesuai. Pengembangan metode pembelajaran ini juga diharapkan dapat menjembatani jarak yang tercipta antara guru dan siswa melalui kegiatan pemberian motivasi yang terus dilakukan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Menulis puisi menggunakan pengembangan metode hypnoteaching dengan pendekatan PAIKEM dapat dijadikan alternatif dalam mengembangkan kompetensi ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa dalam pembelajaran menulis puisi pada khususnya dan pembelajaran sastra pada umumnya.

Kata kunci :Hypnoteaching, PAIKEM, Menulis puisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *